Monday 1 August 2016

Pengertian View, Stored Procedure, Triger dan Function

View adalah tabel yang tidak tampak alias hanya di memori saja. View sering di gunakan oleh para pengembang database untuk mempermudah menampilkan data dengan kriteria tertentu yang di ambil dari satu atau beberapa tabel sekaligus. Selain menampilkan hasil view, juga dapat digunakan sebagai sumber data bagi query. View sering disebut “Virtual tables”.
SUMBER
SQL Server 2008 Express “Penerbit ANDI”
MEMBUAT VIEW
Contoh penggunaan nya, misalnya anda ingin membuat view berkaitan dengan table rumah_sakit
Pertama kita masuk ke view lalu klik kanan new view
Lalu kita add dokter,praktek_dokter,dan spesialis dan berikut gambar nya
Lalu kita centang columns dokternya kd_dokter dan kd_spesialis
Dan centang columns praktek dokternya kd_praktek
Centang pula columns spesialis nya kd_spesialis
Lalu kita save
Berikut gambar nya.
Lalu kita klik new query lalu kita klik
use rumah_sakit
select*from contoh_view
go
dan berikut gambarnya

STORED PROCEDURE
Stored Procedure adalah kumpulan perintah SQL yang diberi nama dan disimpan di server. Stored Procedure biasanya berisi perintah-perintah umum yang berhubungan dengan database pada server, dan menghasilkan sekumpulan record. Stored Procedure ditulis dalam bentuk sebuah script.
TRIGGER
Trigger adalah sebuah mekanisme kerja yang di panggil ketika ada sebuah aksi yang terjadi pada sebuah table. Penamaan trigger tidak boleh melebihi 128 karakter. Aksi yang di kenali oleh trigger dapat berupa statement DML biasa seperti INSERT, UPDATE, dan DELETE atau statement DDL. Biasanya yang di eksekusi oleh trigger adalah stored procedure atau batch.
SUMBER
SQL Server 2008 Express”Penerbit ANDI”
FUNCTION
Function adalah suatu blok PL/SQL yang memiliki konsep sama dengan procedure, hanya saja pada function terdapat pengembalian nilai (return value).Karena function dapat mengembalikan sebuah nilai, function dapat diakses seperti layaknya sebuah variabel biasa.
Sekian.

0 comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com