Sunday 9 October 2016

Benarkah Karomah itu ada ?

Assalamualaikum Wr.Wb
Hasil gambar untuk waliyullah

Pembahasan kedua yaitu "Benarkah Karomah itu ada?"

Sebuah Syair berbunyi yang artinya : "Tetapkanlah olehmu bahwa para Wali itu memiliki karomah, dan barangsiapa yang mengingkarinya, jangan pedulikan ucapannya".

Ibnu Taimiyyah juga mengatakan yang artinya : "Kaum Ahli Sunnah wal Jama'ah mempercayai adanya karomah para Wali. Karomah menurut Ibnu Taimiyyah adalah perkara yang luar biasa tanpa bersamaan dengan pengakuan keNabian. Jika diikuti dengan pengakuan keNabian maka perbuatan tersebut dinamakan Mukjizat".

Karomah merupakan perkara yang tidak diragukan lagi keberadaannya. dengan bukti setidaknya di dalam Al-Qur'an ada 5 peristiwa yang menunjukkan karomah Allah kepada orang yang bukan Nabi. dan itulah yang biasanya dijadikan dasar oleh kaum Sufi untuk menguatkan adanya karomah.

Berikut ke-5 peristiwa yang menunjukan adanya karomah :


1. Cerita tentang Maryam binti Imron, Ibunda Nabi Isa AS, yang juga seorang Ahli Ibadah di kalangan Bani Isroil. Maryam bukan Nabi, bukan pula seorang Rasul, tetapi beliau diberi karomah oleh Allah SWT. Siti Maryam juga di beri karomah, Ketika dia menggoyangkan pangkal pohon kurma yang kering, berguguranlah buah kurma yang matang, Padahal waktu itu di daerah tersebut sedang musim tidak berbuah.

2. Cerita tentang Ashabul Kahfi, Mereka bukan Nabi bukan pula seorang Rasul tetapi mereka sekumpulan orang-orang yang beriman yang melarikan diri ke Goa karena mereka khawatir akan di bunuh oleh raja yang dzalim. Mereka di beri karomah oelh Allah SWT tidur di dalam Goa selama 309 tahun tanpa makan dan minum dan badan mereka tidak hancur sama sekali.

3. Cerita tentang Dzul Qornain, Dzul Qornain di beri Karomah oleh Allah SWT yaitu membuat dinding dari cor besi untuk menutup celah antara dua gunung.

4. Cerita Khidir. Menurut Al-Quraisyi dia bukan seorang Nabi bukan pula seorang Rasul. Dalam cerita dengan Nabi Musa AS, dia di beri karomah yang khariqul adat (tidak lumrah) yaitu :
  • Kemampuan mengetahui (Kasyaf) masa depan anak kecil yang di bunuhnya.
  • Kemampuan mengetahui bahwa di belakang kapal yang di tumpanginya ada kapal bajak laut.
  • Kemampuan mengetahui di bawah bangunan yang rusak ada harta anak yatim.

5. Cerita tentang orang Alim yang hidup pada zaman Nabi Sulaiman, dia dapat mendatangkan kursi Ratu Bilqis dalam sekejap mata. Konon dia seorang pembantu raja (Mentri) yang bernama Ashif.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat An-Naml : 40 yang artinya : "Berkatalah seorang yang mempunyai Ilmu dari Al-Kitab : "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip". Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, beliau pun berkata : "Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mencoba Apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia".

Dalam teks hadits ada juga cerita tentang orang-orang yang di karuniai karomah. diantaranya adalah Ibnu Juraij. Berkata Nabi Muhammad SAW : "Tidak bisa berkata anak yang masih buaian kecuali 3 bayi, Isa Ibnu Maryam, Seorang bayi di zaman Juraij, dan seorang bayi lain". Juraij adalah seorang ahli Ibadah dari bani Isroil, Alkisah ada seseorang wanita nakal yang suka berzina berkata pada orang-orang. "Aku mau menggoda Juraij agar dia mau berzina denganku". tetapi usaha si wanita nakal tersebut sia-sia, karena usaha nya gagal lalu si wanita nakal tersebut mendapati seorang pengembala. pengembala ini di godanya sehingga terjadilah hubungan persebadanan (Berzina). dalam hubungan tersebut membuahkan janin di perut si wanita nakal itu. lalu orang-orang pun bertanya "Bayi siapa ini ?" lalu si wanita nakal menjawab "Bayi Juraij". Seketika itu orang-orang pun langsung marah pada si Juraij. Mereka mendatangi rumah Juraij untuk mencaci nya. untuk membuktikan bahwa Juraij tidak bersalah beliau (Juraij) bertanya kepada bayi yang baru lahir pada rahim si wanita nakal itu : "Siapa Bapakmu ?" Ajaibnya si Bayi itu bisa menjawab : "Bapakku si Anu/Pengembala".

Ada lagi cerita yang sangat terkenal dari Nabi Muhammad SAW, yaitu tentang 3 orang yang terjebak di dalam Goa. Mereka tidak bisa keluar karena ada batu besar yang menutup mulut Goa tersebut. Maka mereka bertawashul dengan amal kebaikan mereka masing-masing agar batu yang ada di Goa tersebut bisa bergeser. sehingga mereka bisa keluar dari Goa tersebut.

Alhasil karomah itu memang ada dan dasarnya cukup kuat, karena terdapat dalam Nash Al-Qur'an dan Al-Hadits meski disana tidak ada istilah karomah.

Sekian pembahasan pada pertanyaan yang kedua bila ada salah kata saya minta maaf.

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com